Perkembangan Fahion Dari Masa Ke Masa

Please log in or register to like posts.
News

Beda dulu beda sekarang. Fashion pada era sebelum adanya keinginan untuk tampil gaya, manusia hanya mengenakan pakaian bukan untuk tujuan estetika melainkan hanya untuk fungsional. Kegunaannya sangat utama yaitu untuk melindungi tubuh dari terpaan suhu yang berubah-ubah dari dingin menjadi panas, mengurangi sengatan serangga, dan dapat digunakan sebagai kamuflase untuk berlindung dari hewan buas atau memburu hewan untuk dikonsumsi. Bahannya pun jauh dari kata nyaman karena ini terbuat dari bahan yang seadanya. Kulit hewan, tumbuhan, atau kulit luar dari batang pohon dijadikan sebagai bahan penutup tubuh.

fashion-show4

Seiring waktu, para pengguna pakaian sadar akan pentingnya fashion. Mulai hadir pada masa kerajaan dan kekaisaran di tiap wilayah yang maju. Kerajaan Mesir kuno merupakan salah satunya. Para raja dan ratu mengenal fashion untuk merias wajah dan mengenakan pakaian yang sangat terlihat mewah. Bahan-bahan yang digunakan pada masa itu masih menggunakan hasil dari alam yang sangat melimpah. Pemerah bibir dan penebal alis bersumber dari pewarna alami dan sangat digemari oleh ratu di masa kerajaan. Tetapi tidak dengan pakaiannya. Pada masa kerajaan Mesir kuno, pakaian para raja dan ratu terbuat dari emas yang didapat dari penggalian perut bumi. Fashion yang mereka gunakan sangat disukai dan diagung-agungkan oleh para pengikut dan rakyatnya.

Zaman terus menuntut manusia untuk menampilkan sesuatu yang baru. Fashion Berpakaian juga ikut diperhatikan. Kegunaan dari sebuah pakaian bertambah yang tadinya hanya sebagai pelindung tubuh sekarang menjadi penambah nilai estetika seseorang. Karena hal ini, muncullah para desainer handal yang mampu membuat pakaian dengan nilai estetika yang tinggi. Mereka membuat pakaian yang dapat menambah si pemakainya terlihat lebih baik ketimbang orang lain yang menggunakan pakaian biasa. Pakaian yang mereka desain pun akhirnya diperagakan oleh model dan dilihat oleh khalayak banyak karena desainnya yang sangat mengubah tampilan seseorang. Fashion show menjadi ajang para desainer untuk membuat dan menampilkan hasil rancangan masing-masing untuk dipamerkan kepada orang yang mungkin saja tergiur untuk mengenakan dan memboyong pakaian tersebut untuk dibawa pulang.

Perkembangan fashion dari masa ke masa terus berkembang. Penggunan bahan dasar untuk fashion tata rias mulai beralih dari bahan alami menuju bahan kimiawi. Kehadiran bahan kimiawi dapat dibuat untuk produk kecantikan dan sangat banyak digunakan dalam dunia fashion untuk tata rias wajah dan terus bertambah jenis produk yang diproduksi. Maskara, blush on, dan eye liner merupakan sedikit contoh bahwa bahan kimiawi mudah untuk dibuat produk-produk yang mendukung kecantikan. Akan bertambah cantik paras seseorang yang memakai make up apabila orang tersbut mahir merias wajahnya. Tetapi, karena adanya penggunaan bahan berbahaya yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan, bahan kimiawi sekarang perlahan mulai ditinggalkan.