Motif Yang Dipakai Oleh Petinggi di Indonesia

Please log in or register to like posts.
News

Batik sangat identik dengan kain asli yang berasal dari indonesia. Batik sangat digemari oleh orang indonesia karena motif yang dibuat oleh para pembatik sangat menarik untuk dimiliki dan dipakai. Kain batik sangat bagus dipakai ketika kita melakukan pertemuan di acara yang formal bisa juga dipakai untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kegemaran ini merambah sampai kepada para petinggi yang ada di indonesia. Motif-motif yang mereka gunakan sangat bagus dan menjadi incaran para orang indonesia. Karena pastinya motif-motif tersebut memiliki arti dan maksud tertentu dan membuat para orang yang menginginkan motif-motif baru pada kain batik yang dipakai oleh para petinggi tersebut untuk mengincarnya dan mengoleksinya. Berikut motif-motif yang dipakai oleh petinggi di indonesia.

motif yang pertama yang dipakai oleh petinggi di indonesia adalah motif papua. Motif ini terinspirasi oleh keanekaragaman hayati dan lingkungan sekitar yang ada di papua. Motif yang pernah dipakai oleh bapak joko widodo selaku presiden indonesia adalah motih hewan burung cendrawasih. Beliau sangat sering memakai motif ini hampir disetiap kesempatan ketika ada kunjungan dari utusan negara lain. Motif selain hewan burung cendrawasih adalah simbol keramat suku-suku yang ada di papua dan gambar patung yang sangat khas dari papua.

motif yang kedua yang dipakai oleh petinggi di indonesia adalah motif malang. Motif malang dikenal karena motifnya yang lebih memilih warna cerah ketimbang motif batik lain yang cenderung gelap. Contohnya saja motif malang sering menggunakan warna dasar putih yang kemudian ditimpah dengan warna cerah lainnya. Kebanyakan motif yang ada pada motif malang adalah motif yang mengikuti bentuk-bentuk candi yang ada di kota malang. Ada banyak jenis motif malang yang sudah ada dipasaran dan bisa dibeli oleh orang indonesia, yaitu dele kecer, kembang padma, kembang manggar, bunga teratai, kembang kopi, kembang jeruk, kembang mayang, teratai singo, kembang tanjung, dan kembang piring.

motif yang kedua yang dipakai oleh petinggi di indonesia adalah motif sekar jagad. Motif ini memiliki umur yang sangat tua dan terkenal karena kekunoannya. Motif ini disebut kuno karena umur dan asal muasalnya adalah jawa kuno yang sudah ada sejak lama. Ini sangat tidak terbayangkan motif sekar jagad masih bisa dilihat dan dinikmati sampai sekarang ini Motif yang berasal dari yogyakarta ini mengandung makna yang artinya sangat dalam yaitu keindahan yang muncul ketika dipandang oleh orang lain dan akan terpesona orang yang memandangnya. Ada juga yang mengartikan motif sekar jagad terbagi menjadi dua kata yaitu kata sekar yang memiliki arti bunga dan kata jagad yang memiliki arti dunia. Dua kata tersebut memberikan gambaran bahwa batik ini memiliki arti keindahan dan aneka ragam bunga yang ada di seluruh dunia.