MEMILIH DAGING SAPI SEGAR DAN BAIK

Please log in or register to like posts.
News

Ada cara-cara yang dapat dipakai untuk memastikan kesegaran daging sapi. Wanda Gunawan, Executive Sous Chef Intercontinental Jakarta Midplaza, sharing panduan pilih daging sapi yang fresh :

1. Warna. Satu diantara ciri fisik yang gampang tampak yaitu warna daging tersebut. Tentukan daging yang masih tetap berwarna merah cerah. ” Janganlah sekali-kali pilih daging dengan warna yang telah tidak merah sekali lagi, karna dapat bermakna daging ini telah lama serta tidak layak dikonsumsi, ” jelasnya.

2. Struktur. Struktur daging yang masih tetap fresh merasa masih tetap kenyal. Tekanlah sedikit sisi daging untuk ketahui teksturnya. Bila struktur daging kembali seperti awal mulanya sesudah ditekan, atau kenyal, bermakna daging masih tetap fresh.

3. Bau. Daging yang masih tetap fresh mempunyai aroma yang fresh, atau yang umum dimaksud bau daging. ” Bila dagingnya fresh tentu bukanlah bau asam dari dagingnya, ” imbuhnya.

4. Tak ada cairan. Saat beli daging, Anda tentu lihat cairan berwarna merah serupa darah mengalir keluar dari daging. Cairan ini tidaklah darah, tetapi juice atau sari dari daging itu. Di supermarket Anda tentu seringkali menjumpai hal semacam ini, tetapi sebisa-bisanya janganlah tentukan daging dalam paket styrofoam berbungkus plastik wrap yang memperlihatkan cairan itu. ” Bila cairan juice itu banyak yang keluar, dagingnya jadi tak ada rasa-rasanya serta tidak enak, ” imbuhnya.

5. Janganlah beli daging beku. Bila dapat beli daging fresh serta akan segera membuatnya, kenapa mesti beli daging sapi beku? Membekukan daging mempunyai tujuan untuk menjaga keawetan daging. Mungkin saja saja daging ini awet, tetapi sesungguhnya telah tidak fresh sekali lagi. Saat sangat terpaksa beli daging beku, tentukan daging yang tak ada bunga esnya, karna peluang bunga es ini ada juga didalam daging. ” Daging yang telah mempunyai bunga es bermakna bukanlah daging yang baik serta fresh. Daging ini telah lewat 3x sistem pengawetan, yakni pembekuan, pendinginan, serta pembekuan kembali, ” ujarnya.