Ikan Hias Air Tawar yang Cantik

Please log in or register to like posts.
News

Ikan hias air tawar adalah jenis hewan peliharaan yang paling mudah untuk dimiliki. Selain banyak dijual secara bebas, habitatnya pun bisa didapatkan dengan mudah. Dan tahukah Anda? Indonesia merupakan pemasok ikan hias berhabitat air tawar terbesar di dunia. Sebagian besar ikan-ikan yang diperjualbelikan di dunia berasal dari Indonesia.

Beberapa jenis ikan hias air tawar yang populer akan dibahas di sini. Mungkin Anda bisa menjadikannya referensi untuk menghiasi akuarium di rumah atau kantor Anda.

Ikan Cupang

duniaq.com
duniaq.com

Siapa yang tidak kenal cupang? Mulai dari anak SD hingga dewasa pasti pernah memelihara ikan yang satu ini. Tergantung warna dan tingkat kelangkaannya, ikan ini bisa jadi sangat murah sehingga banyak dijual di pinggir jalan. Namun, untuk yang langka dan warnanya jarang, ikan ini bisa menjadi lebih mahal. Bentuknya yang cantik sering menjadi bahan adu di antara pemiliknya. Sifatnya sangat agresif, hanya sedikit ikan individu lain yang bisa ditolerir oleh ikan ini.

Ikan Bala Shark

youtube.com
youtube.com

Ikan ini disebut juga hiu perak. Penampilannya memang menyerupai hiu dengan warna hitam yang mengancam di bagian sirip atas. Tapi untuk sifatnya? Sangat bersahabat. Apalagi ukurannya kecil, namanya yang terdengar garang tidak akan membuat Anda ketakutan sama sekali ketika melihat penampilan ikan lucu yang satu ini.

Ikan Discus

https://id.pinterest.com
https://id.pinterest.com

Bentuknya bulat pipih menyerupai disc, makanya dinamai ikan discus. Meski aslinya berasal dari Amazon, ikan ini bisa hidup di air tawar selama iklimnya bersifat tropis. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan hias air tawar dengan harga termahal di dunia. Warna-warninya pun beragam dan sangat cantik, apalagi jika dikumpulkan dengan sesamanya.

Perawatan Ikan Hias Air Tawar

Selain sebagai hewan peliharaan, ikan ini seperti julukannya, merupakan penghias ruangan. Jika Anda pergi ke suatu gedung atau perusahaan, tidak jarang akan ada akuarium berisi air jernih yang dihiasi dengan ikan-ikan cantik. Lengkap dengan hiasan akuarium tempat ikan-ikan tersebut bersembunyi dan bermain.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah perawatan ikan-ikan cantik ini sulit? jawabannya tergantung. Ada jenis ikan yang high maintenance dan ada juga yang low maintenance. Jadi, pertama-tama ketahuilah karakteristik masing-masing ikan. Apakah sifatnya rewel? Tahan banting? Atau malah tidak boleh disatukan dengan ikan lain? Selanjutnya, jangan lupa untuk mengganti air dan membersihkan tempatnya hidup, baik kolam ataupun akuarium.

Ini juga menjadi poin penting, karena untuk ikan yang sensitif, pemindahan dari tempatnya bisa hidup ke penampungan sementara saat pembersihan bisa jadi akan membuatnya stress. Jadi saat membeli ikan hias air tawar tidak peduli seberapa cantiknya, ketahuilah karakteristik dan sifat bawaannya agar ikan bisa dirawat dengan baik dan bertahan lebih lama.