Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir

Please log in or register to like posts.
News

Rasanya sudah wajar jika bayi baru lahir terkena gangguan kesehatan yang memang sudah umum menyerang bayi. Yang perlu dilakukan oleh orangtua adalah mengetahui bagaimana untuk mengatasi gangguan kesehatan pada bayi tersebut. Oleh karena itu, artikel ini membahas mengenai bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan pada bayi baru lahir. Berikut ini uraian lengkapnya.

Kuning pada bayi

Cara yang umum dilakukan secara turun temurun adalah dengan menjemur bayi di pagi hari. Secara ilmiah hal ini tidak memberi manfaat, namun anda boleh melakukannya asal tidak terlalu lama. Lakukan prosesi ini saat matahari belum tinggi selama sekitar 15 menit.

Yang penting upayakan kebutuhan cairan/ASI bayi anda. Dapatkan tips bagaimana menyusui yang benar di sini. Bila kuning timbul di hari pertama kelahiran atau tetap bertahan setelah bayi anda berusia 10 atau 14 hari segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Kolik

Tak banyak yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Yang penting usahakan tidak panik dan berusaha menenangkan bayi, gendong dan dekap bayi dengan lembut, atau anda dapat mengusap lembut daerah perutnya.

Ruam popok

Pencegahan ruam popok adalah cara yang terbaik. Ganti segera popok bila basah karena keringat, saat bayi kencing atau buang air besar. Bersihkan kulit bayi dan keringkan dengan seksama sebelum mengganti popok. Bila ruam telah muncul anda dapat menggunakan lotion khusus untuk ruam popok yang terdapat tanda Clinically Proven Mild yang berarti produk tersebut secara klinis terbukti aman bagi kulit bayi anda.

Napas grok-grok

Anda tak perlu risau karena keluhan ini akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia bayi. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter bila terdapat tanda-tanda infeksi seperti demam atau anak tampak rewel. Sebagian bayi yang memiliki kecenderungan alergi dapat mengalami peningkatan produksi lendir di saluran pernapasan dan mengakibatkan napas grok-grok.

Bila bayi anda laki-laki (terutama yang lahir prematur) periksalah buah zakar pada kantung kemaluannya karena bayi prematur seringkali buah zakarnya belum turun. Bila sampai usia 6 bulan belum turun segera konsultasi lebih lanjut ke dokter.

Sebagian bayi perempuan mungkin keluar darah atau lendir dari kemaluannya. Tak perlu panik karena hal ini terjadi akibat pengaruh hormon estrogen dari ibu saat bayi masih dalam kandungan. Di kemudian hari kadar hormon akan berangsur-angsur turun dan keluhan akan hilang dengan sendirinya.

Sekelumit pengetahuan ini mudah-mudahan dapat membantu calon ibu/ibu muda mengatasi gangguan kesehatan pada bayi baru lahir. Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Baca juga artikel kami lainnya dan jangan lupa untuk share artikel ini sekiranya artikel ini bermanfaat bagi Anda.